.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....

Senin, 07 Mei 2012

ANALISIS PERTUKARAN DI DALAM KELAS


A.     DATA

Hari                      : Selasa
Tanggal                : 27 Juli 2010
Guru                     : Khoiril Anwar
Siswa                    : Siswa Kelas III MI Mambaul Ulum
                   
Percakapan Murid dan Guru pada tahun pelajaran baru 2010-2011 di kelas III MI mambaul Ulum Gapura Barat Gapura Sumenep. 

Guru                                : “Assalamu’alaikum”
Murid-murid                  : “Wa’alaikum salam”
Guru                                : ”Apa kabar hari ini? ”
Murid-murid                  : ”baik-baik saja, pak!”
Guru                                : “Sekarang kalian sudah duduk di kelas berapa?”
Murid-murid                  : “kelas Tiga, pak!”
Guru                                : “berarti semuanya serba baru ya?”
Murid-murid                  : “ya…pak!”
Guru                                : ”sudah saling kenal belum...?”
Murid-murid                  : ”sudah......”
Guru                                : ”Sudah kenal nama bapak belum..?”
Murid-murid                  : ”belum  pak....”
Guru                                : ”nama bapak adalah Bapak Khoiril, baiklah sekarang sebelum belajar kita harus baca ?”
Murid-murid                  : “do’a…”
Guru                                : “Siapa yang sudah hafal doa sebelum belajar?”
Murid-Murid                  : “saya pak..” (salah satu murid di kelas)
Guru                                : “baiklah, siapa nama kamu?”
Murid-murid                  : ”Sinta...”
Guru                                : ”sekarang kita membaca doa bersama dan Sinta yang memimpin doa di depan”
Murid-murid                  :  ”Bismillahirrahmanirrahiem… Rabbi zidni ‘ilma warzuqni fahma Rabbi srohli shaddri wayassirli amri wahlul’uqdatam millisani yafqahu qauli Asyhadualla Ilaha Illallah Wasyhaduanna Muhammadarrasulullah amien ya   Rabbal ‘alamien ”
Guru                                : ”Alhamdullillah… anak-anak sekarag kita sudah selesai membaca doa sebelum belajar, nah...selanjutnya kita mulai pelajaran. Pelejaran apa sekarang?”
Murid-murid                  : Bahasa Indonesia, Pak!”
Guru                                : pinter semuaa…. ayo sekarang siapkan buku tulis dan alat tulisnya ....?
Murid-murid                  : ”baik pak...” (semua sibuk mengeluarkan buku dan alat tulis dari tasnya masing-masing)
  
B.     ANALISIS
1.      Terdapat Lima (5) Tranksaksi
a.      Transaksi I
Dari kalimat 1 s.d kalimat  4
Topik Keadaan   : menanyakan tentang keadaan didalam kelas

b.      Transaksi II
Dari kalimat 5 s.d kalimat 8
Topik Keadaan   : menayakan tentang tingkatan kelas

c.       Transaksi III
   Dari Kalimat 9 s.d kalimat 13
Topik Keadaan   :  Perkenalan

d.     Transaksi IV
Dari kalimat 13 s/d kalimat 20
Topik Keadaan   : Mengajak untuk doa bersama sebelum pelajaran dimulai
e.      Transaksi V
Dari kalimat 21 s.d  kalimat 24
Topik Keadaan  : Memulai pelajaran Bahasa Indonesia

2.      Terdapat Dua Belas (12) Pertukaran
a.      Pertukaran I
Kalimat 1 s.d Kalimat 2
b.      Pertukaran II
kalimat 3 s.d Kalimat 4
c.       Pertukaran III
kalimat 5 s.d  Kalimat 6
d.     Pertukaran IV
kalimat 7 s.d  Kalimat 8
e.      pertukaran V
kalimat 9 s.d  Kalimat 10
f.        Pertukaran VI
kalimat 11 s.d Kalimat 12
g.      Pertukaran VII
kalimat 13 s.d Kalimat 14
h.      Pertukaran VIII
kalimat 15 s.d Kalimat 16
i.        Pertukaran IX
kalimat 17 s.d Kalimat 18
j.        Pertukaran X
kalimat 19 s.d Kalimat 20
k.      Pertukaran XI
kalimat 21 s.d Kalimat 22
l.        Pertukaran XII
kalimat 23 s.d Kalimat 24

3.      Bentuk Gerakan dan Tindakan
Ø  Kalimat 1
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 2
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 3
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pertanyaan


Ø  Kalimat 4
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 5
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pertanyaan

Ø  Kalimat 6
Gerakan               : Respon        
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 7
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pertanyaan

Ø  Kalimat 8
Gerakan               : Penguat
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 9
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pertanyaan

Ø  Kalimat 10
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 11
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pertanyaan
Ø  Kalimat 12
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 13
Gerakan               : Pelanjutan
Tindakan             : Pernyataan dan Pertanyaan

Ø  Kalimat 14
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 15
Gerakan               : Pembuka
Tindakan             : Pertanyaan

Ø  Kalimat 16
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 17
Gerakan               : Pelanjutan
Tindakan             : Pernyataan dan Pertanyaan

Ø  Kalimat 18
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 19
Gerakan               : Pelanjutan
Tindakan             : Perintah
Ø  Kalimat 20
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 21
Gerakan               : Pelanjutan dan Pembuka
Tindakan             : Penguat dan Pertanyaan

Ø  Kalimat 22
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Ø  Kalimat 23
Gerakan               : Pelnjutan
Tindakan             : Perintah

Ø  Kalimat 24
Gerakan               : Respon
Tindakan             : Pernyataan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar