.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....WELCOM.....

Minggu, 06 Mei 2012

PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU MELALUI SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN


PGRI sebagai organisasi profesi bertugas membina serta mengembengkan sikap,prilaku,dan keahlian agar para guru anggota PGRI khususnya mampu melakukan tugasnya dengan baik,bertanggung jawab,dan dapat diandalkan oleh pemerintah,pemerintah daerah dan masyarakat sehinggat membuat keberadaan organisasi PGRI tidak dapat diragukan lagi untuk membermutukam pendidikan.
Dengan pemanfaatan sumber daya dan sumber dana guru secara efektif di mungkinkan berbagai potensi yang dimiliki guru dapat di daya gunakan secara maksimal untuk peningkatatan profesionalisme guru secara merata dan sumber dana guru juga dapat di optimalkan penggunaanya dalam meningkatkan profesi guru sebagai tanggung jawab pokok sebagai petugas profesi pendidikan.
Melalui wadah profesi seperti Kelompok Kerja Guru (KKG), Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), juga sangat penting didalam meningkatkan profesionalisme guru.Berbagai masalah guru, berbagai alternatif masalah akan lebih baik dan solusi penetapan masalah akan lebih berbobot.
Guru bermutu dan bertanggung jawab sebagai anggota inti organisasi profesi PGRI merupakan pilar utama untuk mencapai keberhasilan pendidikan yang pada gilirannya hasil didikannya akan menjadi tulang punggung pembangunan.Oleh karna itu,kebtuhan tekad,jiwa dan semangat kejuangan , kesetiakawanan sosial organisasi, peningkatan mutu dan kemampuan professional, serta tanggunjawab seluruh guru sebagai petuagas prifesi kependidikan, harus terus dibina, dimantapkan dan ditingkatkan secara menyeluruh dan berkesinambungan.
Dengan berbagai macam tantangan dalam dunia pendidikan yang menempatkan guru pada titik tekannya, maka profesionalitas seorang guru merupakan pemangku utama dalam kemajuan dunia pendidikan kita.namun apabila pada zaman serba canggih ini,seorang guru belum memiliki keprofesionalitasan maka hal ini akan berdampak pada peserta didik yang pada akhirnya juga akan berdampak terhadap Negara karena telah melahirkan kader-kader yang tidak siap menghadapi dunia global ini.
Oleh karena itu tanggung jawab PGRI sebagi organisasi profesi adalah ikut serta secara aktif dan kontributif dalam melaksanakan tugas professional guru sebagai anggota terdepan PGRI yang dapat memahami hak-haknya sebagimana yang di amanatkan undang-undang no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,prinsip profesionalitas guru adalah memiliki bakat, minat,panggilan jiwa, dan idealisme, memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan akhlak mulia, memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang penididikan sesuai dengan bidang tugasnya,serta memiliki kompetensi sesuai dengan bidang tugasnya.
Guru mengembangkan misi kesejahteraan PGRI dalam meningkatkan mutu pendidikan persekolahan perlu di realisasikan. Karena dengan guru mengembangkan misi tersebut sangatlah tepat. Seorang guru akan di perjuangkan kesejahteraannya oleh PGRI sehingga guru tersebut bisa termotivasi dalam menjalankan tugasnya sebagai elemen pendidik dan penggeblengan anak-anak bangsa dalam meningkatkan daya pemikirannya sehingga menjadi generasi yang bisa di andalkan oleh bangsa dan Negara. Dan bisa bersaing di kanca internasional seperti halnya olimpiade sains.
Sangatlah jelas profesionalisme guru merupakan penentu meningkatnya mutu pendidikan, karena guru yang berkualitas merupakan penentu utama pendidikan dan menjadi tembok keberhasilan pendidikan itu, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara.

DAFTAR PUSTAKA

Kartono. 2002. Menebus Pendidikan yang Tergadai. Yogyakarta: Kanisus

Musaheri. 2009. Ke-PGRI-an. Sumenep: DIVA Press

Muyasa. 2006. Managemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suryasubroto. 1997. Proses Belajat Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar